keberhasilan usaha ditentukan oleh banyak hal, namun saya tidak akan menjelaskannya secara teoritis melainkan berdasarkan studi empiris pada usaha mie ramen yang ada disekitaran kampus UPI. data yang dipakai merupakan data hasil observasi saya selama beberapa tahun kebelakang. mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi rujukan bagi anda yang akan memulai usaha apapun.
berbicara mengenai bisnis memang tidak pernah ada ujungnya. produk-produk baru selalu bermunculan dan dengan disertai strategi bisnis yang baik dapat menyadarkan orang agar membutuhkan produknya. membuat produk dan menjualnya dipasaran tidak semudah yang dibayangkan. diperlukan perhitungan dan strategi yang matang dalam menjalankannya. seorang wirausahawan yang baik tidak pernah memasukan variabel "gambling" dalam strategi bisnisnya, semuanya harus terukur dan dapat diperhitungkan.
variabel gambling yang dimaksud disini adalah pembiaran terhadap ketidakpastian. kalau diucapkan kurang lebih seperti "ah gimana nanti saja", "ges lah ayeuna mah der heula w", "kumaha nggke w lah", "ah bae bangkrut g nu penting ges usaha" dsb. mukidi adalah seorang milyuner dan pengusaha yang sukses, pada suatu hari ketika ia sedang bermain kelereng di lapang golf, ada seorang temannya datang menghampiri, "bro mun nte bisa ngasupkeun kaleci kana liang itu nu jauh (jauh tapi berada pada jarak yang mungkin masih bisa masuk) urang bakal mere duit ka nte 30jt, tapi lamun teu asup nte cukup mayar ka urg 300rb. duit 300rb keur nte mah moal sabaraha meureun bro. namun mukidi menolak dengan langtang tawaran temannya tersebut. "tidak bro, kamu bayangkan berapa persen kemungkinan bola tersebut masuk ke lubang tersebut, berdasarkan kemampuanku dalam bermain kelereng ? ... tidak penting berapa jumlah nominal yang akan kita peroleh, tapi yang lebih penting adalah berapa persenkah kita dapat mendapatkan nominal tersebut. mindset semacam ini akan sangat sangat berguna jika kita bermain forex atau binary options.
jika kita sudah menghilangkan variable gambling dalam diri kita, maka kita sudah siap dalam berwirausaha. selanjutnya dalam memuai usaha terdapat beberapa point real yang harus dilakukan, antara lain sebagai berikut :
jika kita sudah menghilangkan variable gambling dalam diri kita, maka kita sudah siap dalam berwirausaha. selanjutnya dalam memuai usaha terdapat beberapa point real yang harus dilakukan, antara lain sebagai berikut :
Modal
modal merupakan kunci utama dalam memulai bisnis, modal dibagi menjadi tiga macam yaitu; uang, keterampilan dan tenaga. akan tetapi paradigma yang beredar di masyarakat, uanglah yang menjadi modal utama, karena dengan modal yang berupa uang anda bisa membeli keterampilan dan tenaga yang dibutuhkan dengan uang yang anda miliki, oleh sebab itu lah saya memberi urutan yang pertama pada uang, namun jika yang hanya anda miliki adalah berupa keterampilan dan tenaga saja, anda harus menawarkan proposal kepada orang yang mempunyai uang. berikan penjelasan yang menarik mengenai bisnis yang akan anda jalankan. yakinkan akan kemajuan bisnis anda nantinya, sehingga orang tersebut mau bergabung dengan anda. jangan lupa buat kesepakatan dengan klien anda, supaya tidak ada kesalahpahaman nantinya setelah usaha anda berjalan. hal ini lah yang kebanyakan teman-teman saya lakukan ketika mereka ingin mempunyai usaha tetapi tidak mempunyai modal yang berupa uang.
Tempat
setelah mendapatkan modal yang cukup maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih tempat, pilihlah tempat yang sesuai dengan modal anda, namun harus tetap memperhatikan letak dan posisi tempat tersebut, apakah di sarang semut yaitu tempat berkumpulnya orang-orang seperti didalam kampus, tempat olahraga, tempat ibadah, dsb atau di jalan semut yaitu perlintasan orang-orang yang mau ke sarang semut. kedua kriteria pemilihan tempat tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing, namun saya tekankan lagi jika anda memilih tempat dijalan perlintasan semut, pilihlah di persimpangan jalan yang menghubungkan ke banyak sarang semut (misalnya jalan penghubung ke kampus, sekolah, masjid dsb).
Konsep
konsep merupakan tema usaha yang akan anda lakukan. pilihlah konsep yang sesuai dengan budaya atau kebiasaan di sekitar tempat usaha yang akan anda pilih, hal ini lah yang dilakukan oleh ramen AA yang berada di geger kalong, walaupun tidak menjudge seseorang akan tetapi,,nama AA itu identik dengan AA gym, walapun bukan beliau pemiliknya. pemilihan konsep yang dilakukan oleh ramen AA sangat baik sekali, ini dibuktikan dengan membludaknya pengunjung ramen AA pada awal-awal buka. pemilihan konsep yang baik akan segera menentukan usaha anda berikutnya, berpikir out of the box lebih bagus, jangan biarkan konsep anda monoton. berbicara mengenai konsep usaha yang monoton, ada tempat usaha yang mengambil tema toast cream di sekitar geger kalong, design dan interiornya sama sekali tidak berkarakter, lebih cenderung beribklat ke gaya vintage eropa yang sudah sangat jelas sekali berbeda dengan kondisi, kebiasaan dan budaya kita. apalagi jika disesuaikan dengan kondisi sekitar tempat usaha, sangat tidak nyambung. usahakan jika anda memilih logo untuk tema usaha anda, pilihlah yang berbentuk tokoh karakter, karena akan mudah di ingat.
Promosi
Promosi adalah nyawa dari sebuah usaha, cuma perusahaan bodoh yang tidak menganggarkan biaya promosi untuk kepentingan usahanya. promosi harus dilakukan segencar mungkin agar usaha anda lebih cepat berkembang. maka anggarkan biaya untuk promosi setiap bulannya. pada era digital seperti sekarang ini sangat banyak media yang dapat dijadikan sebagai alat promosi. jika dulu hanya mengandalkan pamflet, baligo,banner dan televisi, sekarang sebagian promosi yang paling efektif adalah melalui internet yang dapat diakses melalui gadget dan komputer oleh hampir semua orang. promosi lewat internet bisa dilakukan melalui situs sosial media, seperti facebook, twitter, instagram google plus dsb. dan akan lebih optimal jika menggunakan FB Ads dan Google Adword.
Brand Image
Brand Image merupakan karakter dari usaha anda yang menjadi khas dari usaha anda. ini dibentuk berdasarkan konsep dari usaha anda baik dari segi desain logo, interior, barang yang dijual dan komunikasi anda dengan pelanggan melalui promosi yang akan anda lakukan. dan tentu saja cara anda berkomunikasi dengan pelanggan harus disesuaikan pula dengan kondisi sekitar.
pada intinya, keberhasilan usaha kita berbanding lurus dengan doa dan etos kerja. kita tidak akan sukses tanpa kedua hal tersebut. sekian penjelasan saya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha, semoga anda semua berhasil dalam menjalankan usaha. see you next time.....
modal merupakan kunci utama dalam memulai bisnis, modal dibagi menjadi tiga macam yaitu; uang, keterampilan dan tenaga. akan tetapi paradigma yang beredar di masyarakat, uanglah yang menjadi modal utama, karena dengan modal yang berupa uang anda bisa membeli keterampilan dan tenaga yang dibutuhkan dengan uang yang anda miliki, oleh sebab itu lah saya memberi urutan yang pertama pada uang, namun jika yang hanya anda miliki adalah berupa keterampilan dan tenaga saja, anda harus menawarkan proposal kepada orang yang mempunyai uang. berikan penjelasan yang menarik mengenai bisnis yang akan anda jalankan. yakinkan akan kemajuan bisnis anda nantinya, sehingga orang tersebut mau bergabung dengan anda. jangan lupa buat kesepakatan dengan klien anda, supaya tidak ada kesalahpahaman nantinya setelah usaha anda berjalan. hal ini lah yang kebanyakan teman-teman saya lakukan ketika mereka ingin mempunyai usaha tetapi tidak mempunyai modal yang berupa uang.
Tempat
setelah mendapatkan modal yang cukup maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih tempat, pilihlah tempat yang sesuai dengan modal anda, namun harus tetap memperhatikan letak dan posisi tempat tersebut, apakah di sarang semut yaitu tempat berkumpulnya orang-orang seperti didalam kampus, tempat olahraga, tempat ibadah, dsb atau di jalan semut yaitu perlintasan orang-orang yang mau ke sarang semut. kedua kriteria pemilihan tempat tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing, namun saya tekankan lagi jika anda memilih tempat dijalan perlintasan semut, pilihlah di persimpangan jalan yang menghubungkan ke banyak sarang semut (misalnya jalan penghubung ke kampus, sekolah, masjid dsb).
Konsep
konsep merupakan tema usaha yang akan anda lakukan. pilihlah konsep yang sesuai dengan budaya atau kebiasaan di sekitar tempat usaha yang akan anda pilih, hal ini lah yang dilakukan oleh ramen AA yang berada di geger kalong, walaupun tidak menjudge seseorang akan tetapi,,nama AA itu identik dengan AA gym, walapun bukan beliau pemiliknya. pemilihan konsep yang dilakukan oleh ramen AA sangat baik sekali, ini dibuktikan dengan membludaknya pengunjung ramen AA pada awal-awal buka. pemilihan konsep yang baik akan segera menentukan usaha anda berikutnya, berpikir out of the box lebih bagus, jangan biarkan konsep anda monoton. berbicara mengenai konsep usaha yang monoton, ada tempat usaha yang mengambil tema toast cream di sekitar geger kalong, design dan interiornya sama sekali tidak berkarakter, lebih cenderung beribklat ke gaya vintage eropa yang sudah sangat jelas sekali berbeda dengan kondisi, kebiasaan dan budaya kita. apalagi jika disesuaikan dengan kondisi sekitar tempat usaha, sangat tidak nyambung. usahakan jika anda memilih logo untuk tema usaha anda, pilihlah yang berbentuk tokoh karakter, karena akan mudah di ingat.
Promosi
Promosi adalah nyawa dari sebuah usaha, cuma perusahaan bodoh yang tidak menganggarkan biaya promosi untuk kepentingan usahanya. promosi harus dilakukan segencar mungkin agar usaha anda lebih cepat berkembang. maka anggarkan biaya untuk promosi setiap bulannya. pada era digital seperti sekarang ini sangat banyak media yang dapat dijadikan sebagai alat promosi. jika dulu hanya mengandalkan pamflet, baligo,banner dan televisi, sekarang sebagian promosi yang paling efektif adalah melalui internet yang dapat diakses melalui gadget dan komputer oleh hampir semua orang. promosi lewat internet bisa dilakukan melalui situs sosial media, seperti facebook, twitter, instagram google plus dsb. dan akan lebih optimal jika menggunakan FB Ads dan Google Adword.
Brand Image
Brand Image merupakan karakter dari usaha anda yang menjadi khas dari usaha anda. ini dibentuk berdasarkan konsep dari usaha anda baik dari segi desain logo, interior, barang yang dijual dan komunikasi anda dengan pelanggan melalui promosi yang akan anda lakukan. dan tentu saja cara anda berkomunikasi dengan pelanggan harus disesuaikan pula dengan kondisi sekitar.
pada intinya, keberhasilan usaha kita berbanding lurus dengan doa dan etos kerja. kita tidak akan sukses tanpa kedua hal tersebut. sekian penjelasan saya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha, semoga anda semua berhasil dalam menjalankan usaha. see you next time.....
0 Komentar untuk "Faktor-Faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha"